8 Tips Agar Berhasil Memulai Bisnis Konter Pulsa Untuk Pemula

Saat ini, banyak orang yang mengelola bisnis pulsa disebabkan oleh kenyataan bahwa orang-orang banyak menggunakan ponsel untuk berkomunikasi dan mencari informasi di Internet setiap hari. Namun  perangkat elektronik ini membutuhkan pulsa dan kuota internet untuk bias mengoprasikanya. Hal ini menjadi salah satu peluang usaha saperti apa yang telah dilakukan oleh topindo pulsa dalam rangka pelayanan penyediaan kebutuhan tersebut diatas.

Dalam menjalankan bisnis kita pasti dihadapkan pada resiko usaha, dan untuk meminimalkan resiko usaha bisnis pulsa dan kuota internet ini berikut tips yang perlu kita perhatikan:

1. Mulai jual pulsa dulu

Sebagai langkah pertama dalam rencana Anda untuk membuka konter pulsa, mulailah menjual pulsa Anda terlebih dahulu. Ketika Anda dengan hati-hati merencanakan kesuksesan Anda untuk membuka konter pulsa.

Keuntungan menjual pulsa sebelum membuka konter adalah Anda bisa mendapatkan konsumen. Karena itu, ketika Anda membuka konter pulsa nanti, Anda tidak akan merasa kewalahan, walaupun jika tidak ada pembeli yang dating ke konter Anda.

2. Pilih distributor pulsa yang memiliki reputasi baik

Untuk mulai menjual pulsa, langkah pertama adalah memilih distributor pulsa. Pilih distributor pulsa yang berkualitas tinggi dan andal sehingga Anda dapat mengelola pekerjaan ini dengan lancar.

Hindari memilih distributor pulsa yang sering mengalami masalah seperti saldo pulsa masuknya terlambat atau layanan buruk. Meskipun menawarkan harga yang cukup murah.

3. Tentukan harga jual yang tepat

Tetapkan harga penjualan yang sesuai dengan harga pasar pulsa saat ini. Atau, Anda dapat melihat harga jual dari agen Anda dan menghitung jumlah pendapatan yang ingin Anda peroleh dari setiap transaksi pembelian pulsa.

Lebih baik jangan menjual harga pulsa terlalu murah. Meskipun dapat membuat bisnis pulsa Anda sukses, Anda mungkin tidak dapat memperoleh banyak keuntungandari itu. Jangan sampai rugi karena harga yang dirapkan murah.

4. Hindari konsumen yang berhutang

Jika Anda memiliki modal terbatas, Anda tidak boleh membiarkan konsumen berutang kepada Anda. Karena Anda masih dalam fase start-up. Jika Anda memiliki banyak modal awal yang diberi hutang, bagaimana Anda melakukan perputaran modal untuk usaha anda?

Namun terkadang, ada kalanya keluarga atau teman berhutang kepada Anda, Anda pasti tidak tega jika tidak memberi hutang. Tidak masalah jika Anda memberi hutang kepada mereka, asalkan memberikan batasan pembayarannya,

5. Pilih lokasi bisnis yang strategis

Penjualan pulsa juga dapat dilakukan di mana saja. Termasuk di rumah Anda. Namun, jika rumah Anda berada di luar keramaian, prospek akan mendapatkan banyak pelanggan akan sulit.

Solusinya adalah Anda perlu menyewa tempat untuk membuka kios pulsa. Temukan lokasi bisnis yang strategis sehingga banyak orang dapat menjangkau kios pulsa anda dengan mudah. Tentu, lokasi bisnis yang tepat terletak di tepi jalan raya yang penuh dengan lalu-lalang kendaraan.

6. Sewa tempat dan beli peralatan

Untuk mendapatkan lokasi yang strategis, jelas bahwa Anda harus membayar biaya untuk menyewa tempat. Anda dapat menyewa kios kecil yang siap digunakan.

Selain menyewa tempat, Anda juga perlu mengumpulkan modal untuk membeli semua peralatan yang dipake untuk berjualan. Beberapa peralatan yang diperlukan, termasuk ponsel bekas, meja etalase, kursi, rak aksesori, banner, dll.

7. Menjual kartu perdana dan kuota internet.

Jika Anda hanya menjual pulsa, Anda tidak perlu konter untuk tempat berjualan anda. Cukup untuk menjual menggunakan ponsel saja. Karena Anda ingin membuka konter pulsa, pasti tidak lengkap jika Anda tidak menjual kartu perdana dan kuota internet.

8. Lengkapi dengan aksesoris ponsel/HP

Nah, untuk membuat konter pulsa Anda lebih lengkap, Anda juga dapat menjual aksesori untuk ponsel/HP dengan harga murah, Anda dapat membeli dalam jumlah besar dari distributor grosir aksesoris HP.

Tetapi Anda harus menghitung dengan cermat jika modal Anda terbatas. Karena sedikit konsumen yang membeli aksesoris pada konter pulsa anda. Mereka pasti lebih suka berbelanja di tempat khusus di mana mereka menjual aksesoris.

Anda dapat mulai menjual aksesori jika pulsa dan kartu perdana Anda mulai terjual dengan lancar dan ada banyak klien. Dari sedikit keuntungan ini dapat dibeli sebagian dalam bentuk asesoris HP untuk meningkatkan penjualan anda.

Bisnis pulsa memang benar-benar peluang bisnis yang menjanjikan. Di atas segalanya, Anda harus menunggu dengan sabar jika Anda ingin konter pulsa Anda penuh dengan pelanggan. Cobalah kiat-kiat di atas untuk menjadi sukses dalam mengelola bisnis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*